Pasar Terapung Kuin Banjarmasin Sudah Ada Sejak 480 Tahun yang Lalu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 11 Januari 2022

Pasar Terapung Kuin Banjarmasin Sudah Ada Sejak 480 Tahun yang Lalu

 

Pasar terapung dulu dan sekarang, Sumber foto  : KITLV, Tropen Museum, Hashimoto Studio dan kompasiana.com 

Pasar Terapung adalah landmark Kota Banjarmasin. Bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, terasa belum lengkap apabila tidak ke Pasar Terapung. Ya itulah Pasar Terapung di Muara Kuin, Banjarmasin. Umumnya dikenal dengan nama Pasar Terapung Muara Kuin atau Pasar Terapung Sungai Barito.

Dari sudut pandang historis atau kesejarahan, pasar terapung (floating markets) Kuin di Banjarmasin sudah ada sejak 480 tahun yang lalu. Diperkirakan pasar terapung atau yang dalam Bahasa Belanda dikenal dengan drijvende markt, sudah ada tepatnya pada tahun 1530 Masehi pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (Pangeran Samudera).

Pasar Terapung ini terletak pada pertemuan Sungai Karamat dan Sungai Sigaling. Kemudian bergeser ke tepi Sungai Barito di daerah muara Sungai Kuin menjelang akhir Abad ke-16 atau awal abad ke-17 Masehi.

Sementara Pasar Terapung di sungai Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar, baru ada belakangan. Ketika perpindahan keraton Banjar ke kawasan Kayu Tangi Martapura sejak awal abad ke-17. Tepatnya sekitar tahun 1612 M.

Dalam beberapa literatur dituliskan bahwa Pasar Terapung di Muara Kuin Kota Banjarmasin adalah peninggalan dari aktivitas perdagangan bandar niaga Kesultanan Banjar pertama. Oleh karena itu kawasan Pasar Terapung pada periode awal dituliskan sebagai Bandar niaga Bandar Masih, Muara Kuin, Banjarmasin.

Pasar Terapung yang embrionya muncul sejak Abad ke-16 adalah tempat para pedagang Banjar zaman dahulu. Mereka melakukan jual beli dengan pedagang dari Jawa, Melayu, Aceh, Gujarat, Arab dan China serta pedagang lainnya.

Menurut Idwar Saleh (1981) Pasar Terapung Kuin berkembang seiring dengan dibangunnya Istana Kesultanan Banjar di Kuin tahun 1524-1530 an. Istana/keraton di Banjarmasin ini didirikan Sultan Suriansyah.

Dari instagram @sejarah.banjar

link artikel asli : https://www.instagram.com/p/B2qrqYeAuc5/?utm_medium=copy_link

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner